Musdesus Penetapan KPM BLT Dana Desa

Musdesus Desa Sukorahayu Penetapan KPM BLT Dana Desa Tahun 2023

Desa Sukorahayu, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, menggelar Musyawarah Desa Khusus atau Musdesus untuk menetapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2024 pada hari Rabu, 29 Desember 2023. Musdesus ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Musdesus dihadiri oleh Kepala Desa Sukorahayu, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Kepala Dusun, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat. Musdesus dibuka oleh Kepala Desa Sukorahayu, Bapak Suparjiyana, S.Pd. M.M.

Musdesus

Dalam sambutan Musdesus, Kepala Desa Sukorahayu, Bapak Suparjiyana, S.Pd. M.M, menyampaikan bahwa BLT Dana Desa merupakan salah satu program perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrim yang diberikan kepada warga Desa Sukorahayu. Ia berharap agar penerima BLT Dana Desa benar-benar memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu:

  • Tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lainnya, seperti PKH, BPNT, BST, atau Bansos Provinsi.

Kepala Desa Sukorahayu juga mengingatkan agar penerima BLT Dana Desa menggunakan bantuan tersebut secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk membeli bahan makanan, obat-obatan, atau keperluan lain yang mendesak. Ia juga mengajak seluruh warga Desa Sukorahayu untuk bersama-sama menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan, dan mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Setelah melalui proses diskusi dan musyawarah, akhirnya ditetapkan sebanyak 39 KPM BLT Dana Desa Tahun 2024 di Desa Sukorahayu. Penyaluran BLT Dana Desa akan dilakukan setiap bulan selama satu tahun mulai dari Januari hingga Desember Tahun 2024, dengan besaran Rp 300.000 per KPM per bulan.

Musdesus Desa Sukorahayu Penetapan KPM BLT Dana Desa Tahun 2023 berlangsung dengan lancar, tertib, dan transparan. Seluruh peserta Musdesus menyatakan menerima dan mendukung hasil keputusan yang telah disepakati bersama. Semoga dengan adanya BLT Dana Desa ini, dapat meringankan beban ekonomi warga Desa Sukorahayu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sukorahayu.

Demikian artikel yang saya buat untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x